Ketika mereka HIV Positif, Lalu kemana Indonesia akan dibawa.

aids6

Data Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) menyebutkan, 52% dari sekitar 19.000 orang yang terinfeksi HIV AIDS tercatat merupakan usia muda. Ketika seseorang diketahui dengan HIV positif pada umur 20-30 tahun, maka ketahuilah bahwa itu merupakan dampak dari perilaku 5-10 tahun sebelumnya. Masa Jendela atau Masa Inkubasi dari virus HIV adalah 5-10 tahun. Sehingga dibutuhkan 5-10 tahun bagi seseorang yang terinfeksi HIV untuk menunjukkan gejala hingga ia dinyatakan positif terinfeksi HIV AIDS. Dengan logika sederhana, misal nya seseorang diketahui positif HIV AIDS pada umur 27 tahun, maka bisa diperkirakan bahwa ia tertular virus HIV pada umur 17-23 tahun. Begitulah kira kira gambaran sederhana.
Apa yang bisa kita simpulkan dari fakta diatas? Bahwasa nya Remaja di usia 15-29 tahun rentan terhadap penularan virus HIV AIDS. Penularan ini terjadi melalui berbagai hal dan faktor. Angka Kaum Muda yang terinfeksi HIV AIDS pun semakin taun semakin tinggi. Tentunya itu merupakan fakta buruk bagi Kaum Muda Indonesia. Apakah kita akan terus berdiam diri, tak mau tau terhadap laju penyebaran HIV AIDS yang sudah semakin membahayakan ?. Lets see !!!!

Kita Kaum Muda adalah pemimpin di masa depan. Itu bukan hanya sebuah pernyataan klise. Di umur yang masih kurang dari 1/4 abad, dengan Idealisme dan Cita cita tinggi yang ingin diwujudkan, semangat serta kreatifitas yang tinggi wajar saja Kaum Muda menjadi Kaum pergerakan dan perubahan. Pemuda lah yang akan memimpin dunia dan kualitas kemajuan suatu bangsa nantinya dilihat bagaimana perilaku kaum mudanya. Bisa dibayangkan, dengan berbagai keunggulan yang Kaum Muda miliki, Kreatifitas tanpa batas, Usia yang produktif terpaksa hancur dan dikacaukan oleh penyebaran virus HIV AIDS. Coba Bayangkan apa yang akan terjadi dengan Bangsa Kita ketika 20tahun kedepan setengah dari Kaum Muda nya terinfeksi HIV AIDS ??

Jangan hanya terkejut tapi apa yang dapat kita lakukan sebagai remaja dan kaum muda untuk menekan laju penyebaran ini. Akibat penyalahgunaan narkoba dengan jarum suntik dan aktifitas seksual bebas bertukar pasangan/free sex masih menjadi penyebab utama tingginya penyebaran HIV AIDS pada remaja dan kaum muda. Sungguh sebuah fakta yang sangat mengejutkan. Ide ide segar serta pemikiran pemikiran baru menjadi mahal sangat harganya ketika setengah dari mereka yang HIV positif adalah kaum muda.
Banyak faktor yang membuat penyebaran HIV AIDS ini menjadi fenomena gunung es. Kurangnya pendidikan seks dan kesehatan reproduksi yang masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat indonesia ikut berperan menjadi salah satu faktor semakin tingginya angka penyebaran HIV AIDS pada remaja dan kaum muda. Sifat dasar remaja yang ingin tahu, suka coba-coba, ikut-ikutan, iseng, nge-genk, gagah-gahan dan gaul mengakibatkan kerentanan terhadap tren penyalahgunaan narkoba hingga perilaku seks bebas dan tidak bertanggung jawab. Disamping itu, remaja tidak mendapatkan informasi serta pendidikan seks dan kesehatan reproduksi secara akurat, sehingga para remaja pun mencari dan mendapatkan sendiri yang terkadang sumber informasi tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan. Padahal mereka sepenuhnya belum menyadari dampak selanjutnya yang ditimbulkan dari keingintahuan dan coba coba yang mereka lakukan, yang memicu kemungkinan tertular atau menyebarkan HIV/AIDS ke remaja lainnya. Sehingga tak pantas rasanya jika remaja dan kaum muda menjadi satu satunya pihak yang dipersalahkan dalam fakta ini. Remaja tetap remaja yang perlu dukungan dan bimbingan. Remaja dengan HIV positif bukanlah alasan bagi kita sebagao remaja lainnya untuk melakukan stigma dan diskriminasi kepada mereka. Mereka sama seperti kita, yang membutuhkan semangat, dukungan serta dorongan untuk menjadi lebih baik dan berarti dalam hidup nya. Mulai lah dari diri kita.

Stop Stigma dan Diskriminasi.
Suara kan Kami Peduli HIV AIDS.

oleh Sitirahma Dhesmarleni

2 Comments

  1. ko nama kontributor nya ga ditulis ya?
    hehe

  2. Maaf, karena di tulisan yang kamu kirim ga ada namanya. Jadi kami bingung mau mencantumkan siapa.

    Tapi barusan saya cek blog kamu. Nanti saya tambahkan

    lain kali tolong ditulis nama lengkapnya. terima kasih

Leave a Reply